Terkait Growpal

Apa itu Growpal?

Growpal (PT. SAY Grow Indonesia) adalah perusahan teknologi finansial yang bergerak di bidang investasi (equity-crowdfunding) perikanan. Growpal memiliki sebuah platform (https://www.growpal.co.id) yang memmpertemukan pelaku usaha perikanan (budidaya, pengolahan, ataupun trading perikanan), investor dan konsumer. Growpal berkomitmen dalam mewujudkan sinergi antara pemilik modal yang tidak memiliki kemampuan dalam budidaya perikanan atau usaha perikanan dengan petani dan agropreneur potensial yang memiliki kemampuan dalam sektor usaha perikanan dan budidaya perikanan tetapi tidak memiliki modal yang cukup untuk menjalankan bisnis perikanan.
Bagaimana Growpal Bekerja?
Growpal menghadirkan sebuah media digital yang berupa website terintegrasi (https://www.growpal.co.id) dimana investor dapat melakukan investasi, pengecekan produk, dan pengecekan proses berjalannya proyek yang didanai. Dengan adanya platform ini, investor dapat mengetahui secara langsung keadaan terkini di lapang mulai preparasi budidaya hingga masa panen dan investor dapat juga melacak kemana alur distribusi dana yang mereka investasikan. Pada akhir masa panen, Growpal menyediakan sistem pembagian hasil dimana setiap pihak yang terkait akan mendapatkan bagi hasil. Pada umumnya pembudidaya ikan/pengusaha perikanan akan mendapatkan bagi hasil sebesar 35% dari profit, Growpal mendapatkan 10%, dan Investor akan mendapatkan bagi hasil sebesar 55% (pembagian secara detail akan dijelaskan dalam kontrak kerja).
Apakah Growpal telah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK)?
Belum. Saat ini Growpal masih melakukan persiapan pendaftaran dengan menyiapkan dokumen-dokumen dan persyaratan yang ditetapkan OJK.
Bagaimana kami bisa menghubungi pihak Growpal?
Growpal memiliki kantor operasional yang berada di Surabaya dengan alamat alan Wisma Menanggal II no. 11, Surabaya, 60234 dan kantor bisnis yang berada di Jakarta dengan alamat Block 71, Ariobimo Sentral lantai 8. Jalan H. R. Rasuna Said Kav X-2 No. 5, Kuningan Timur, Setiabudi, Jakarta Selatan 12950. Untuk pertanyaan anda bisa melakukan kunjungan ke kantor kami atau menghubungi admin melalui support@growpal.co.id dan +62811 1717 077 pada jam aktif kerja.

Sebagai Investor

Bagaimana cara membuat akun dan bergabung sebagai user?Untuk menjadi user (investor) di berbagai produk investasi perikanan yang ditawarkan Growpal, anda hanya perlu menyiapkan Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan NPWP (tidak wajib tapi sangat disarankan). Selanjutnya anda dapat melakukan registrasi akun dengan cara sebagai berikut:

  1. Pilih menu “Masuk / Daftar”.
  2. Pilih “Masuk” dengan Facebook / Google atau anda bisa memilih “Daftar dengan Email”.
  3. Jika anda memilih “Daftar dengan Email”, masukkan alamat email dan password anda
  4. Lengkapi profil dan foto anda
  5. Selamat Berinvestasi

Bagaimana cara berinvestasi di Growpal?Untuk berinvestasi, pengguna disarankan untuk mengisi saldo GrowPay dengan memilih “Tambah Dana” pada halaman Profil. Selanjutnya anda bisa melakukan proses investasi dengan cara:
Masuk / Daftar
Pilih produk investasi dengan berbagai pilihan komoditas dan ROI pada Home page
Tulis jumlah investasi
Transfer dana investasi dengan GrowPay, Virtual Account atau Transfer Bank
Pantau proyeknya pada dashboard Growpal anda

Apakah saya dapat berinvestasi atas nama kelompok atau institusi?
Bisa. Model bisnis ini akan terklasifikasikan pada Business to Business Partnership (B2B). Untuk info selengkapnya mohon menghubungi kontak person Growpal.

Apakah saya bisa memilih sendiri komoditas ikan yang dibudidayakan atau dijualbelikan?
Bisa. Anda bisa memilih komoditas yang anda inginkan sesuai ketersediaan produk.

Berapakah keuntungan atau Return On Investment (ROI) jika saya berinvestasi melalui Growpal?
ROI yang akan diterima beragam tergantung dari risiko, hasil uji kelayakan, dan perhitungan setiap komoditas.
Bagaimana saya tahu jika produk investasi perikanan masih tersedia?
Pada halaman “Home” terdapat bagian Produk Pilihan yang mana tertulis status tiap proyek yang tersedia. Selama Anda masih bisa memasukkan nominal investasi anda pada sistem, artinya produk investasi tersebut masih tersedia. Disamping itu anda bisa memantau pada web dari keterangan yang tertera pada produk investasi yang akan anda pilih, apakah statusnya; TERSEDIA atau TERDANAI.

Apakah ada pengawasan lapang di proyek yang dikelola mitra Growpal?
Ada. Kami mengirimkan field agent yang bertanggung jawab dalam pengawasan proses usaha dan keuangan.

Bagaimana saya dapat memantau proyek yang saya danai?
Bisa, anda dapat memantau proyek anda di dashboard Growpal, setelah anda investasi dan log in.

Apakah saya bisa berkunjung ke lokasi budidaya ikan yang saya danai?
Bisa, anda berkunjung ke site mitra Growpal dengan menghubungi kami terlebih dahulu. Maksimal konfirmasi adalah H-1, agar kami bisa memberikan arahan yang terbaik untuk anda saat mengunjungi site budidaya.

Kapan saya menerima bagi hasil dari proyek yang saya danai?
Bagi hasil akan kami salurkan melalui dompet elektronik “GrowPay” anda setelah panen setiap siklus dilakukan.

Bagaimana saya bisa melakukan pencairan dana yang telah saya salurkan dan bagi hasil yang saya terima?
Melalui GrowPay anda, anda bisa memilih untuk mengambil semua modal awal dan hasil baginya atau melanjutkan ikut periode investasi selanjutnya. Untuk mengambil, silahkan pilih “Tarik Dana” dan isi detail rekening bank anda. Setelah itu, kami kan memproses dalam 1×24 Jam pada hari kerja.

Bagaimana jika terjadi kegagalan panen?
Dalam seluruh pembiayaan usaha pada campaign platform Growpal , pasti terdapat suatu risiko kegagalan usaha yang memberikan dampak berkurangnya hasil pengembalian usaha. Risiko usaha dapat terkait dalam kegagalan manajemen seperti kegagalan manajemen keuangan dalam usaha petani tersebut sehingga tidak mampu memenuhi kebutuhan, kegagalan pemasaran hasil panen sehingga keuntungan berkurang, fluktuasi hasil panen di beberpa komoditas tertentu.
Dalam memitigasi hal tersebut Growpal berusaha menempatkan dan membantu manajemen usaha petani dengan adanya penempatan executive agent GROWPAL keseluruh lokasi usaha para petani dan melakukan supervisi disetiap proses usaha para petani tersebut.
Meskipun skema peer-to-peer lending dan atau equity crowdfunding memiliki basis online dan telah berjalan lebih dari satu dekade, namun tidak ada jaminan bahwa skema tersebut akan bertahan apabila terjadi resesi atau krisis ekonomi nasional. Dalam kondisi tersebut, diperkirakan proses keberlanjutan usaha dari para petani akan menurun dan menyebabkan kejadian kegagalan bagi hasil/gagal bayar meningkat.
Growpal dalam menjalankan bisnisnya sebagai fungsi perseroan. Memiliki tim manajemen, komisaris, dan advisor yang berpengalaman, Growpal berencana untuk terus menjalankan visi misinya dan menjaga eksistensi perusahaan dengan terus menciptakan portofolio pendanaan yang benar dapat memberikan keberlanjutan usaha para petani dan pemilik usaha. Di saat terjadi kondisi di luar dugaan yang tidak dapat dihindari oleh perusahaan mana pun, Growpal akan menyelesaikan kewajibannya sesuai dengan peraturan perundang-undangan di Indonesia sebagai pelaku bisnis dengan fungsi administratif dalam peer-to-peer lending dan atau equity crowdfunding dan menemukan jalan keluar terbaik dari segala komplain yang diajukan untuk perusahaan.

Mengapa saya belum menerima bagi hasil?
Bagi hasil belum diterima karena panen per siklus belum selesai atau belum dilakukan. Karena dalam menemukan panen banyak sekali faktor yang dipertimbangkan yaitu cuaca, ukuran ikan, kesehatan ikan, dan harga pasar.

Teknologi & Fitur

Apakah Growpal memiliki aplikasi android atau iOS?
Tidak. Namun, Growpal menyediakan fitur berupa aplikasi berbasis website atau sering disebut Progressive Web Apps (PWA).

Apa itu Progressive Web App (PWA)?
PWA merupakan aplikasi android dan iOS berbasis website dengan ukuran yang lebih ringan, cepat dan tidak memerlukan update.

Bagaimana fitur “Analisa Risiko” bekerja?
analisa risiko growpal
Analisa Risiko merupakan fitur turunan dari credit scoring yang kami pakai saat uji kelayakan. Fitur ini membawa gambaran risiko produk investasi tertentu. Growpal melakukan analisa berdasarkan risiko produksi, resiko pasar, dan karakter petani dengan prinsip 5C dalam credit scoring. Hasil akhir dari analisa tersebut dituliskan dalam beberapa kategori yaitu risiko rendah, risiko sedang, dan risiko tinggi.

Bagaimana fitur “Growpay” bekerja?
GrowPay merupakan fitur dompet elektronik yang mana berfungsi untuk menampung sementara dana anda baik berupa pembagian profit atau setoran dana.

Legal & Sekuritas

Apakah Growpal sudah melakukan proses pendaftaran OJK?
Belum, Saat ini Growpal masih melakukan persiapan pendaftaran dengan menyiapkan dokumen-dokumen dan persyaratan yang ditetapkan OJK.

Bagaimanakah status Growpal di mata OJK?
Di mata OJK, semua perusahaan Teknologi Informasi tak terkecuali Growpal yang hadir di era digital ini sudah diberikan ruang gerak oleh pemerintah dengan diberlakukannya hukum atau aturan-aturan yang dibuat yaitu Peraturan Otoritas Jasa Keuangan Nomor 77/POJK.01/2016 tentang Layanan Pinjam Meminjam Uang Berbasis Teknologi Informasi dimana peraturan tersebut mencakup tentang peraturan penyelenggaraannya, pengguna (para pihak), pelaksanaan perjanjian, mitigasi resikon, tata kelola sistem, perlindungan para pihak, cara mengikat para pihak, hingga larangan-larangannya. Seiring berjalannya waktu, peraturan tersebut terus berkembang mengikuti evaluasi-evaluasi yang ada dengan terbentuknya peraturan baru yaitu Peraturan Otoritas Jasa Keuangan Nomor 13/POJK.02/2018 tentang Inovasi Keuangan Digital di Sektor Jasa Keuangan. Kami selaku startup saat sedang mempersiapkan, melengkapi keberkasan dan ketentuan-ketentuan lainnya terkait tentang adanya aturan-aturan yang diberlakukan oleh pihak berwenang.

Bagaimana Growpal melakukan proses pengawasan sekuritas keuangan yang berlangsung?
Pengawasan sekuritas dilakukan secara terbuka dan transparan kepada mitra melalui pencatatan manual lewat field agent. Selain itu, Growpal juga menggunakan rekening bersama dalam memantau keluar dan masuknya uang.

Apakah investor mendapat bukti atas investasi yang telah dilakukan atas produk Growpal?


Sertifikat Contoh
Seluruh investor akan mendapatkan sertifikat digital atas produk Growpal baik itu produk Crowdinvesting ataupun Premium Investing. Informasi yang terdapat di sertifikat digital adalah sebagai berikut:
Nama Unit Investasi
Kode Produk
Nominal Investasi yang telah diinvestasikan

Sebagai Mitra Petani

NO. Persyaratan Calon Mitra
Perorangan Perusahaan
1. Formulir Pendaftaran
2. Fotokopi / Scan Identitas (KTP atau Paspor)

Bagaimana cara bergabung menjadi mitra pembudidaya Growpal?
Berikut adalah alur pendaftaran pengusaha perikanan untuk bergabung menjadi mitra Growpal yang didanai:

  • Mengisi Form Pendaftaran
    Calon mitra wajib mengisi formulir pendaftaran disertai lampirannya. Formulir pendaftaran dapat diunduh di sini
  • Melengkapi Dokumen Sesuai Persyaratan
    Calon mitra wajib melengkapi seluruh persyaratan yang tertera pada FAQ Persyaratan Jika calon mitra masih memiliki kendala dalam kelengkapan dokumen, mohon untuk mengkonfirmasi pihak Growpal pada nomor berikut ini (+62811 1717 077).
  • Membuat Proposal Usaha disertai Analisa Usaha
    Calon mitra wajib membuat analisa usaha dan proposal terkait proyek yang diajukankepada Growpal. Format proposal bebas dan fleksibel. Jika anda membutuhkan referensi Proposal sederhana, kami melampirkan template proposal yang dapat diunduh di sini
  • Pengiriman Dokumen
    Seluruh dokumen baik scan maupun fotokopi dapat dikirimkan langsung ke Growpal dengan melalui surat elektronik atau pengiriman dokumen melalui pos (pilih salah satu) pada alamat berikut
  • email: admin@growpal.co.id
  • alamat 1: Jalan Wisma Menanggal II No. 11, Kode Pos 60234, Surabaya.

alamat 2: Block 71, Ariobimo Sentral Lt 8, Jalan H. R. Rasuna Said No.5, RT.9/RW.4, Kode Pos 12950 Jakarta Selatan
Tahap apa saja yang akan dilalui dalam menjadi mitra?
Sebelum didanai setiap calon mitra akan melalui beberapa tahapan berikut:

  1. Pendaftaran Berkas
  2. Review Berkas
  3. Uji Kelayakan dan Credit Scoring
  4. Negosiasi Rancangan Usaha
  5. Penandatanganan Kesepakatan
  6. Pembukaan Crowdinvesting
  7. Penyaluran Dana

Bagaimana kriteria pembudidaya ikan atau pengusaha perikanan yang lebih diprioritaskan Growpal?
Kami mengutamakan mitra yang telah memiliki rekam jejak sebelumnya di bidang usaha perikanan terkait.

Apa saja yang menjadi lingkup pendanaan usaha perikanan Growpal?
Growpal memiliki berbagai skema layanan pendanaan dalam lingkup bisnis perikanan yakni:

  1. Pembiayaan Modal Usaha
    • Pembiayaan Produksi Akuakultur
    • Pembiayaan Pengolahan Perikanan
    • Pembiayaan Pakan
    • Pembiayaan Benih
    • Pembiayaan Jual Beli (Trading) Bahan Baku Ikan
  2. Pembiayaan Invoice
    • Pembiayaan Invoice Pembelanjaan Ikan
    • Pembiayaan Invoice Pembelanjaan Restoran Perikanan

Apa itu Pendanaan Modal Usaha?
Pembiayaan Modal Usaha merupakan pendanaan kebutuhan operasional maupun aset sebagai modal usaha yang meliputi kebutuhan produksi budidaya trading, maupung pengolahan perikanan.

Apa itu Pendanaan Invoice?
Pembiayaan Invoice merupakan produk pendanaan bagi pebisnis perikanan yang memiliki invoice pembayaran barang dari pembeli dengan selang waktu yang lama sementara pebisnis perlu aliran dana cepat untuk restocking barang selanjutnya. Invoice ini lalu selanjutnya akan dibiayai Growpal terlebih dahulu dengan skema bagi hasil setelah terbayar. Saat invoice dibayar, pebisnis terkait harus membayar dana dari Growpal dengan ketentuan yang sudah disetujui.