Growpal Turut Meriahkan Suksesnya The World Economic Forum on ASEAN 2018, Hanoi, Vietnam

The World Economic Forum (WEF) on ASEAN 2018 telah usai diadakan pada tanggal 11-13 September 2018 di Hanoi, Vietnam. Acara tersebut berlangsung meriah dan sukses dengan tema besar yang dibawanya yaitu “ASEAN 4.0: Entrepreneurship and the Fourth Industrial Revolution”, untuk membantu bertumbuhnya para juara-juara baru masa depan dalam ekosistem korporasi inovasi digital di skala regional. Seiring dengan berkembang pesatnya dunia teknologi dan startup di asia tenggara, event ini juga menyuguhkan atmosfir bisnis internasional yang tentu akan menjadi pendorong utama dalam pertumbuhan start up di dunia. Sebagai salah satu yang hadir dalam acara tersebut, Growpal sangat merasa terhormat dan bersyukur dapat terpilih sebagai delegasi Indonesia beserta dengan para jajaran Kepresidenan, Pemerintahan dan para Start-Up terbaik Indonesia seperti Gojek, Ruangguru dan lebih dari 80 start up lainnya untuk bersama-sama menghadiri event besar ini.

Secara spesifik dalam rangka mengikuti seluruh rangkaian acara WEF, Growpal terfokus mengikuti bidang acara “Program Start-Up“, yang bertujuan untuk menyatukan berbagai start-up paling inovatif di kawasan ASEAN dan menghubungkan mereka dengan para pemimpin bisnis, politik dan akademik untuk dapat menyeselaikan permasalahan-permasalahan lintas sektoral. Selain itu, WEF juga menampilkan sesi “Innovation Hub“, di mana para start-up akan memiliki kesempatan untuk berbagi cerita mereka. Dalam sesi tersebut, Growpal terklasifikasikan sebagai perwakilan startup di bidang agro-complex yang mana Growpal menitik beratkan pada topik terkait peran inovasi di bidang agrikultur dan akuakultur yang akan berdampak besar pada ekonomi mikro maupun makro, serta dampak pemberdayaan masyarakatnya.

Seluruh inisiatif rangakaian kegiatan acara ini bertujuan untuk mengintegrasikan para pemimpin, wirausahawan dan para start-up yang paling potensial dan menjanjikan di ASEAN ke dalam dialog nasional dan regional tentang tantangan yang paling mendesak di kawasan-kawasan tersebut agar dapat bekolaborasi secara berkelanjutan. Tujuannya adalah untuk membangun komunitas regional yang terdiri dari para inovator, wirausaha, dan pemangku kepentingan lainnya untuk memberikan perubahan positif di kawasan ini. Dengan kolaborasi komunitas itu sendiri nantinya, diharapkan adanya inovasi-inovasi dan kerjasama baru yang saling menguntungkan dan menumbuhkan satu sama lain.

Pada pertemuan tersebut, perusahaan baru berhubungan dan berinteraksi satu sama lain dengan total 850 peserta dari seluruh dunia, termasuk 70 menteri pemerintah ASEAN dan 550 pemimpin bisnis, untuk saling bertukar ide dan solusi yang berorientasi masa depan sesuai expertise dan fokus masing-masing, terutama pada tema utama yakni Revolusi Industri Keempat dan Masa Depan Dunia Kerja di ASEAN. Bagi start-up yang mengambil bagian, tujuannya adalah membuka pintu untuk peluang baru, membangun koneksi penting, menjajaki ekspansi regional, dan membantu menciptakan visi baru untuk kawasan ASEAN.

Dengan bergabungnya Growpal dalam event besar ini, tentunya kami akan terus optimis dalam meningkatkan kinerja dan inovasi sebagai bentuk kepercayaan yang sudah dititipkan selama ini. Tentunya, kami juga optimis dapat memberikan dampak positif ke wajah perikanan nusantara di masa depan. Jayalah Perikanan Nusantara!

Penulis:

Paundra Noorbaskoro

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *