Komitmen Growpal Kembangkan Kawasan Timur Indonesia

Indonesia Bagian Timur (IBT) Center berupaya mendorong peningkatan B2B Business Matching Indonesia Wilayah Timur melalui pameran IBT Expo, 31 Oktober- 4 November 2018 di Garden Palace Surabaya. Direktur Operasional IBT Center, Dyah Lestari mengatakan bahwasannya dari pameran itu para buyer dan seller bisa bertemu secara langsung untuk mendapatkan peluang investasi hingga potensi transaksi dagang yang lebih besar.

Expo ini memiliki dampak yang sangat signifikan dilihat dari banyaknya daerah yang ikut pameran karena beberapa daerah juga sangat merindukan gelaran seperti ini apalagi potensi transaksi dagangnya sangat besar. Antusiasme para pelaku bisnis dan stakeholder terkait di kawasan Indonesia Timur sangat tinggi terhadap gelaran pameran dagang di Jawa Timur. Kegiatan seperti masih ini belum banyak digelar di daerah Indonesia Timur yang secara spesifik mengusung konsep B2B dan akses informasi internet untuk perdagangan. Sehingga adanya IBT Expo di Jawa Timur diharapkan bisa memperluas jaringan pangsa pasar hingga akhirnya melakukan transaksi dagang yang berkelanjutan. Panitia acara menarget aktivitas transakasi perdagangan komoditas yang bias dihasilkan pada acara ini dan pasca acara ini dapat meningkat hingga mencapai angka 1 Triliun Rupiah. Selain itu, selama pameran berlangsung pihaknya juga menyediakan setidaknya 20 ruang yang ditujukan bagi pelaku usaha dan stakeholder terkait dari wilayah Indonesia Timur.

IBT Center pada acara ini juga bertindak sebagai fasilitator yang menjembatani pertemuan buyer dan seller di Jawa Timur secara rutin hingga terbentukannya prospek perkantoran dan perdagangan terintegrasi untuk masa yang akan datang. Dalam event ini dilaksanakan juga Penandatanganan MoU antara PT. Say Grow Indonesia, LKPN dan Indonesia Bagian Timur (IBT) Center. Langkah ini dilakukan demi melakukan peningkatan produksi, promosi, pendanaan dan kemitraan usaha melalui pemanfaatan sumber daya kelautan dan potensi produk perikanan khususnya Indonesia bagian Timur. Dalam kerja sama ini, ketiga belah pihak sepakat akan mengembangkan pendataan pelaku bisnis perikanan budidaya, informasi dan pendampingan pengelolaan potensi untuk investasi perikanan budidaya khususnya Indonesia bagian Timur. Kerja sama juga menyangkut pengembangan usaha ekonomi lokal khususnya Indonesia bagian Timur, hingga jalur pemasaran pada skala yang lebih luas.

Penulis: Admin

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *